INDONESIA INTERNATIONAL WORK CAMP (IIWC)

Indonesia International Work Camp (IIWC), merupakan salah satu proyek PKBI Jawa Tengah yang berfokus pada pengembangan kegiatan kerelawanan internasional (International Voluntary Services). Secara informal, IIWC berdiri pada bulan September 1999 saat PKBI menyelenggarakan workcamp yang pertama di Mijen Kabupaten Semarang bekerjasama dengan NICE (Never ending Internasional work Camp Exchange) Japan , sebuah organisasi work camp dari Jepang.

Melihat keberhasilan dan hasil positif wor camp yang pertama, NICE Japan menyarankan PKBI untuk membentuk organisasi workcamp. Saran itu ditindaklanjuti dengan undangan pertemuan  dari NVDA (Network for Voluntary Development in Asia) di Hanoi Vietnam pada tanggal 9-22 Januari 2000. Pertemuan ini membahas tentang workcamp dan bagaimana penyelenggaraannya. Pertemuan ini bersamaan dengan Rapat Tahunan NVDA II dan mengesahkan IIWC sebagai salah satu anggotanya.

Kegiatan IIWC meliputi :

  • International Workcamp (Kemah Kerja Internasional)
  • Kerelawanan Jangka Menengah dan Jangka Panjang (LMTV: Long and Middle Term Voluntary)
  • IIWC Cares
  • Event-Campaigns
  • Program pelatihan di bidang leadership, intercultural learning, conflict management, communication, public speaking, project cycle management, voluntary service and international voluntary service movement, dll.

Keragaman peserta kemah kerja internasional memberikan peluang kepada seluruh peserta untuk belajar antar peserta sendiri dan menyatu dengan masyarakat setempat dengan mempelajari budaya, bahasa, makanan dll. sehingga tercipta keharmonisan dan kedamaian dengan tidak diselimuti oleh prasangka yang merupakan penyebab dari perpecahan mendorong terwujudnya persahabatan dan perdamaian dunia, melalui pertukaran budaya, pendidikan, lingkungan, pemberdayaan potensi masyarakat local dan sumber daya alam.

IIWC adalah organisasi yang tidak diskriminatif atas berbagai perbedaaan seperti agama, budaya, dan suku atau ras. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://iiwcindonesia.wordpress.com/